Cara Beli Rumah Untuk Pasangan Muda

Selain itu, keuntungan lainnya adalah kita tidak perlu memikirkan beban cicilan tiap bulan, maupun fluktuasi suku bunga pinjaman yang kerap melambung tinggi seperti di sistem bayar KPR. Angka ini naik dari degree forty six persen responden yang dinyatakan pada semester I 2020. Halangan terbesar bagi banyak pengantin baru dari generasi milenial untuk membeli rumah adalah mengumpulkan uang muka atau down payment yang terasa berat. Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui berapa besar gaji gabungan Anda bersama pasangan. Dengan menghitung berapa besar gaji yang didapat setiap bulannya bisa menjadi sebuah perhitungan dalam membeli rumah.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan rumah tanggamu agar mampu membeli rumah sendiri. Mulai dari mengurangi pengeluaran tidak penting, menabung program beli rumah, hingga mencari penghasilan tambahan. Kini, BTN juga memiliki aplikasi di Google Play Store bernama BTN Properti Mobile yang dapat diunduh siapa pun yang ingin membeli rumah.

Cobalah untuk mendiskusikannya dengan developer rumah yang ada agar rumah yang diambil sesuai dengan pendapatan kita. Ketika sedang merencanakan bujet pikirkan juga apakah nanti ada dana lainnya yang harus Anda keluarkan. Apakah saat ini bujet yang dimiliki cukup untuk membuat rumah sederhana atau mewah.

Ada baiknya Anda mengambil opsi dana pinjaman beli rumah, bilamana dananya tidak cukup untuk membeli tunai. Ingat, luas daratan tidak bertambah, dan pilihan tanah pun akan semakin terbatas. Belum lagi harga rumah yang terus naik, padahal penghasilan kita besar kenaikannya mungkin tidak sama. Padahal kelompok usia tersebut saat ini memiliki intensi yang lebih tinggi untuk memiliki rumah.

Hitung jumlah pendapatan, tabungan, investasi yang dimiliki, dan utang. Sekarang ini apartemen mulai dilirik menjadi pilihan tempat tinggal. Hal ini disebabkan karena kondisi lahan yang mulai terbatas setiap tahunnya. Investasikanlah sebagian pendapatanmu ke dalam investasi jangka panjang seperti reksa dana. Bila kamu kurang paham tentang ini, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan rekan yang lebih paham. Prioritaskan dana yang tersisa untuk kebutuhan yang penting dan hindari untuk membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan.

Tapi, jika supermarket sedang mengadakan diskon, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk membeli stok. Banyak awak maskapai penerbangan misalnya, yang melakukan investasi besar berdasarkan gaji mereka kini terjebak karena pendapatan mereka anjlok dan mereka berjuang untuk memenuhi pembayaran. Berinvestasi di S&P 500 dalam periode waktu yang sama akan menghasilkan lebih dari 9 persen.

Setelah itu, ketika sudah menemukan perumahan yang cocok, dapat langsung berurusan dengan financial institution, khususnya BTN. Saya dapet data awal dari teman yang duluan mengambil di perumahan. Lalu, hitung dengan cermat penghasilan Anda dan pasangan dalam sebulan. Jika sudah ketemu hasilnya, kurangi dengan jumlah pengeluaran rutin per bulannya. Usahakan agar total hutang atau cicilan per bulan tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan.

Perkirakan juga tentang jarak ke sekolah anak nantinya ataupun infrastruktur dan keadaan lalu lintasnya. Pertimbangan ini akan mempengaruhi kehidupanmu dan keluarga nantinya. Tidak hanya realistis, pasangan suami istri harus mengerti Bola Online prioritas dalam memilih rumah. Apakah itu ukuran, lokasi, desain, atau berbagai alasan lainnya menjadi pertimbangan dalam memilih rumah. Tentukan prioritas utama dalam pemilihan rumah sehingga lebih mudah untuk mencarinya.

Namun perlu Anda ingat, Ketika mengajukan permohonan KPR, Anda jangan mengambil kredit kendaraan atau yang lainnya. Sebab dengan tidak ada cicilan lain, maka permohonan KPR akan lebih mudah disetujui. Beberapa merek mobil memiliki resale worth atau harga jual yang baik. Mobil yang banyak dipilih masyarakat dan sering terlihat di jalan raya umumnya memiliki resale value yang baik.

Membeli rumah bagi pasangan muda

Kemungkinan besar di sekitar tempat itu terdapat apartemen yang sedang ikut dibangun. Saat ini, beberapa pengembang dan Pemda mengembangkan TOD yang mengintegrasikan properti dengan jaringan transportasi publik, seperti KRL, MRT, LRT dan TransJakarta. Sangat tidak disarankan karena besarnya potongan biaya dalam asuransi jenis ini.

Rizal